PERENCANAAN MEDIA
BUNGA DARI AQUA GELAS BEKAS
Oleh: siska dewi
1. Alat dan bahan
Aqua gelas yang
sudah bekas 20 buah untuk bunga dan 10 buah untuk daun.
Cat minyak
gunting
pentul/peniti
pipet
taples bekas untuk
pot
dan batu untuk mengisi pot agar kuat.
2. Cara pembuatan
·
Gunting aqua gelas
bekas dengan lima bagian kebawah tapi mengguntingnya lurus.
·
Kemudian dilipat
kebelakang dan berbentuk bunga sederhana dengan menguatkannya dengan pentul.
·
Lalu gunting aqua
bekas yang lain untuk dijadikan daun
dengan membentuknya agak luas tidak seperti menggunting bunga karena ini
membaut daunnya.
·
Lalu cat bunga yang
sudah jadi, dengan warna merah, sedangkan untuk daunnya berwarna
hijau.
Bisa juga warna bunganya warna kuning atau warna lain sesuai keinginanan kita.
·
Kemudian langkah
selanjutnya keringkan bunga yang sudah dicat dengan cat minyak. Jika mengenai
tangan maka bisa menggunakan tiner untuk membersihkan tangan.
·
Cara terakhir yaitu
merangkai bunga dengan pipet sebagai batang dan taples sebagai pot. Dan letakkan
batu didalam agar pot kuat untuk berdiri, agar lebih menarik gunakan batu
karang.
3. Aspek yang
dikembangkan
v Pengenalan
konsep bentuk bunga( kognitif)
v Pengenalan
konsep warna(kognitif)
v Menghitung
jumlah bunga(kogniotif)
v Pengembangan
motorik halus anak
v Pengembangan
motorik kasar
v Pengembangan
sosial emosional
v Pengembangan
bahasa
4. Cara penggunaan
a.
Perlihatkan anak
bunga yang sudah dirangkai dan tanyakan apa yang diperlihatkan , tanyakan
terbuat dari apakah bunga itu. Jika anak salah menjawab, maka guru meluruskan.(
Bunga terbuat dari bekas aqua gelas dan pipet).
b.
Lalu tanyakan anak warna
apa saja pada bunga
aqua serta warna daunnya.
c.
Ajak anak untuk
menghitung jumlah bunga secara bersama-sama. Lalu untuk menguji anak berikan kesempatan untuk menghitung
secara individual,
ini untuk melihat sejauh mana kognitif anak.
d.
Membuat
permainan pada anak yaitu membagi anak dua kelompok lalu membagi bunga 5 buah
perkelompok, dan memberikan penjelasan pada anak tentang aturan main, yaitu
anak bergilir dengan sabar meletakkan bunga dari satu titik tempat ke titik
tempat yang satu lagi.
e.
Ajak anak untuk
merangkai bunga setelah memisahkan semua bunga tapi anak harus hati-hati agar
tidak mengenai pentul, ini akan melatih motorik halus anak.
f.
Mengajak anak bernyanyi
“lihat kebunku”.
g.
Lalu
mengejak anak untuk melakukan permainan kedua yaitu mengoper bola kasti yang
sudah disediakan dalam pot bagi siapa yang menjatuhkan bola maka ia kedepan
untuk bernanyi “lihat kebunku”.
Tema / Sub
Tema
|
Kemampuan/
Indikator Hasil
Belajar
|
Media yang digunakan
|
Keterangan
|
Tanaman/Bunga
|
Bahasa
-anak dapat
mengikuti
beberapa perintah
sekaligus
- anak dapat
menggunakan
dan menjawab
pertanyaan apa,
mengapa,
dimana, berapa,
bagaimana dan
lain sebagainya.
|
Aqua gelas
|
Bunga ini bisa dibuat dengan aqua gelas yang sudah
bekas.
|
Kognitif
-
Anak mampu
membedakan warna
-
Anak dapat menghitung
jumlah bunga yang dibuat.
Motorik halus
-
Anak dapat
menyentuh bunga dan merasakan halus atau kasar benda.
-
Anak dapat
merangkai bunga.
Motorik
kasar
-
Anak mampu memindahkan benda dengan ber jalan/
berlari.
Sosial emosional
-
Anak menunjukkan
ekspresi senang.
-
Anak dapat
bekerja sama dengan temannya.
-
anak dapat
menghargai guru.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar