Senin, 10 Desember 2012

membuat bunga





PERENCANAAN MEDIA
BUNGA DARI AQUA GELAS BEKAS
Oleh:  siska dewi
1.       Alat dan bahan
*      Aqua gelas yang sudah bekas 20 buah untuk bunga dan 10 buah untuk daun.
*      Cat minyak
*      gunting
*      pentul/peniti
*      pipet
*      taples bekas untuk pot dan batu untuk mengisi pot agar kuat.

2.       Cara pembuatan
·        Gunting aqua gelas bekas dengan lima bagian kebawah tapi mengguntingnya lurus.
·        Kemudian dilipat kebelakang dan berbentuk bunga sederhana dengan menguatkannya dengan pentul.
·        Lalu gunting aqua bekas  yang lain untuk dijadikan daun dengan membentuknya agak luas tidak seperti menggunting bunga karena ini membaut daunnya.
·        Lalu cat bunga yang sudah jadi, dengan warna merah, sedangkan untuk daunnya berwarna hijau. Bisa juga warna bunganya warna kuning atau warna lain sesuai keinginanan kita.
·        Kemudian langkah selanjutnya keringkan bunga yang sudah dicat dengan cat minyak. Jika mengenai tangan maka bisa menggunakan tiner untuk membersihkan tangan.
·        Cara terakhir yaitu merangkai bunga dengan pipet sebagai batang dan taples sebagai pot. Dan letakkan batu didalam agar pot kuat untuk berdiri, agar lebih menarik gunakan batu karang.


3.       Aspek yang dikembangkan
v  Pengenalan konsep bentuk bunga( kognitif)
v  Pengenalan konsep warna(kognitif)
v  Menghitung jumlah bunga(kogniotif)
v  Pengembangan motorik halus anak
v  Pengembangan motorik kasar
v  Pengembangan sosial emosional
v  Pengembangan bahasa











4.       Cara penggunaan
a.       Perlihatkan anak bunga yang sudah dirangkai dan tanyakan apa yang diperlihatkan , tanyakan terbuat dari apakah bunga itu. Jika anak salah menjawab, maka guru meluruskan.( Bunga terbuat dari bekas aqua gelas dan pipet).
b.      Lalu tanyakan anak warna apa saja pada bunga aqua serta warna daunnya.
c.       Ajak anak untuk menghitung jumlah bunga secara bersama-sama. Lalu untuk menguji anak berikan kesempatan untuk menghitung secara individual, ini untuk melihat sejauh mana kognitif anak.
d.      Membuat permainan pada anak yaitu membagi anak dua kelompok lalu membagi bunga 5 buah perkelompok, dan memberikan penjelasan pada anak tentang aturan main, yaitu anak bergilir dengan sabar meletakkan bunga dari satu titik tempat ke titik tempat yang satu lagi.
e.       Ajak anak untuk merangkai bunga setelah memisahkan semua bunga tapi anak harus hati-hati agar tidak mengenai pentul, ini akan melatih motorik halus anak.
f.       Mengajak anak bernyanyi “lihat kebunku”.
g.      Lalu mengejak anak untuk melakukan permainan kedua yaitu mengoper bola kasti yang sudah disediakan dalam pot bagi siapa yang menjatuhkan bola maka ia kedepan untuk bernanyi “lihat kebunku”.
















Tema / Sub
Tema
Kemampuan/
Indikator Hasil
Belajar
Media yang digunakan
Keterangan
Tanaman/Bunga
Bahasa
-anak dapat
mengikuti
beberapa perintah
sekaligus
- anak dapat
menggunakan
dan menjawab
pertanyaan apa,
mengapa,
dimana, berapa,
bagaimana dan
lain sebagainya.
Aqua gelas
Bunga ini bisa dibuat dengan aqua gelas yang sudah bekas.

Kognitif
-          Anak mampu membedakan warna
-          Anak dapat menghitung jumlah bunga yang dibuat.
Motorik halus
-          Anak dapat menyentuh bunga dan merasakan halus atau kasar benda.
-          Anak dapat merangkai bunga.
Motorik kasar
-          Anak mampu memindahkan benda dengan ber jalan/ berlari.
Sosial emosional
-          Anak menunjukkan ekspresi senang.
-          Anak dapat bekerja sama dengan temannya.
-          anak dapat menghargai guru.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar