Kamis, 13 Desember 2012

ANALISIS ARTIKEL REMAJA


ANALISIS ARTIKEL DARI INTERNET
OLEH: SISKA DEWI SIREGAR
Artikel “AHLAK REMAJA YANG MULIA
Oleh: Anne Ahira
Sering kali terdengar bila bicara soal ahlak remaja yang kerap terdengar adalah segala penyimpangannya , tapi ada juga ahlak remaja yang sangat kontras yaitu mereka yang menjaga ahlaknya dengan baik. Mereka habiskan waktunya untuk menunutut ilmu bahkan banyak juga yang masih remaja tapi sudah bisa hapal alquran.
Permasalahan yang kerap terjadi pada masa remaja yaitu rentan kerusakan ahlak , yang mempengaruhi akidahnya. Tapi remaja yang satu ini yang sangat kokoh dalam membantengi diri dari segala yang akan mengikis ahlaknya. Ilmu Allah yang telah melekat dalam hatinya yang mengalahkan segala godaan yang datang, dan ahlak ini hanya dimiliki oleh remaja muslim yang benar-benar mengamalkan ilmu yang didapatnya.
 ANALISIS: artikel ini berkaitan tentang ciri-ciri  kedewasaan bagi usia remaja.
Usia Remaja adalah usia mendekati masa dewasa awal( early adulthood) yang biasaynya dimulai dari usia belasan tahun dan berakhir pada usia mendekati 30 an.  Usia ini juga disebut masa dewasa dini.
Kaitan antara artikel diata dengan ciri-ciri dewasa dini , yaitu
-         Masa remaja adalah masa rentang terhadap masalah, ahlak remaja yang mulia akan menjadikan remaja semakin dewasa  dan mampu menghadapi segala masalah.
-         Masa remaja adalah masa ketegangan emosional, remaja memiliki ilmu pengetahuan khusunya pengetahuan agama, maka ia akan tahu bagaiman prilaku yang seharusnya  tidak menyakiti orang lain. Segingga remaja yang memiliki ahlak mulia akan selalu menghormati orang tau dan menyayangi orang sekitarnnya.
-         Masa remaja adalah masa reproduktif, remaja yang rajun menuntut ilmu tentu akan tahu tentang perubahan dalam tubuhnya dan bias menjaganya dari perbuatan maksiat yang dapat merugikannya.
-         Masa remaja adalah masa keterasingan sosial, remaja yang mempunyai pergaulan baik dan ahlak yang baik juga, tidak akan merasa sendiri dan selalu mempunyai sahabat yang banyak yang dapt diajak berbagi suka dan duka, namun bukan berarti remaja  mudah terpengaruh akan hal yang negative sesuai pernyataan kutipan artikel diatas.
-         Masa remaja adalah masa ketergantungan dan masa yang mempunyai komitmen, remaja selalu tergantung pada orang tua dan orang sekitarnya namun hal itu dapat diminimalisir dengan cara membiasakan remaja yang mandiri dan memiliki komitmen yang tepat, akan mendukung juga jika remaja memilki ahlak yang baik.
Jika ahlak remaja baik maka ciri-ciri kedewasaan akan tampak bagi remaja , seperti:
1.     Memiliki kemampuan memelihara kesabaran dan fleksibilitas dalam kehidupan sehari-hari, seperti kutipan artikel diatas , remaja sudah bisa mengenal ilmu Allah, yang telah melekat dalam hatinya sehingga membentengi ahlaknya
2.     Memiliki kemampuan mengolah kemarahan. Remaja yang mempunyai ahlak yang mulia tentu akan bias mengontrol emosi walaupun sebearnya itu sulit baginya.
3.     Memiliki kemampuan menaampilkan keyakinan diri tanpa bersifat arogan. Remaja yang taat terhadap agama/ remaja yang mengenal ilmu Allah tentu akan selalu rendah diri terhadap Allah dan orang lain.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar